Mengonsumsi tepung perlu lebih berhati-hati. Hubungan konsumsi starch  dengan kekambuhan kanker payudara . Starch adalah jenis karbohidrat dengan untaian panjang glukosa, juga disebut polisakarida. Jenis karbo ini, seperti tepung terigu dan keripik kentang, cepat meningkatkan kadar gula darah. Penelitian ini menunjukkan survivor kanker payudara yang meningkatkan konsumsi tepung lebih dari setahun, lebih beresiko untuk kambuh.

 

Informasi mengenai konsumsi karbo didapat dari catatan makan selama 24 jam saat riset di mulai (baseline) dan setahun kemudian, setiap tahun. Saat baseline, konsumsi karbo sekitar 233 g/hari. Hasilnya menunjukkan mereka yang kambuh memiliki rerata peningkatan konsumsi sebesar 2,3 g/hari selama tahun pertama. Sebaliknya, mereka yang tidak kambuh melaporkan penurunan konsumsi rerata 2,7 g/hari selama setahun pertama.

Dari segala jenis karbo, yang perlu dikhawatirkan adalah starch. Wanita yang menurunkan konsumsi starch dalam setahun pertama, mengalami kekambuhan 9,7% dibandingkan 14,2% yang meningkatkan konsumsi starch. Ini terutama terjadi pada tumor derajat rendah. Telah diketahui konsumsi karbo merangsang aktivitas zat tertentu yang membantu pembentukan pembuluh darah tumor.

Masih perlu penelitian lebih lanjut tentang hubungan starch dan resiko kekambuhan kanker. Tapi tak ada salahnya untuk membatasi konsumsi starch.

Related Post :