Tips Untuk Pengguna Ponsel Agar Terhindar dari Kanker Otak

Dalam menerima dan terlebih bila melakukan panggilan, setiap ponsel akan mengeluarkan sinyal yang berarti juga terjadi peningkatan radiasi. Hingga kini terdapat beberapa hand phone dengan tingkat radiasi yang berbeda-beda. Di negara-negara maju hand phone dengan radiasi yang terlalu tinggi dilarang untuk diperjualbelikan.
Meskipun belum terdapat kesepakatan dari para ahli, berapa tingkat radiasi yang diijinkan agar aman bagi manusia, tetapi diduga keras radiasi hand phone merupakan salah satu penyebab kanker otak.
Untuk menghindari dari kemungkinan yang tak diinginkan itu, berikut tips penggunaan hand phone secara aman.  
1. Anak-anak usia di bawah 12 tahun sebaiknya tidak sering menggunakan ponsel. Kecuali untuk keperluan darurat, karena kondisi fisiknya yang masih dalam masa pertumbuhan dan belum sekuat orang dewasa.
2. Lebih baik menggunakan hands free saat menelepon atau menerima telepon untuk mengurangi pengaruh radiasi.
3. Jangan simpan ponsel di saku celana. Radiasi dari ponsel ditakutkan bisa mengganggu sirkulasi darah di bagian tengah dan bawah tubuh.
4. Jangan meletakkan hand phone di dekat kepala Anda saat tidur.
5. Jangan memakai ponsel terlalu lama, gunakan seperlunya saja.
6. Sering-seringlah mengganti posisi telinga saat Anda menelepon.
7. Sebaiknya jangan menggunakan telepon di lokasi yang memiliki sinyal tidak stabil, atau di tempat yang bergerak. (misalnya di mobil). Karena secara otomatis ponsel akan memperkuat penerimaannya yang dengan sendirinya radiasinya juga akan semakin meningkat.
8. Usahakan mengurangi frekuensi menelepon, dan lebih baik berkomunikasi lewat SMS.

Related Post :