Meski menjadi tua adalah suatu kepastian dan siapapun tidak bisa mencegahnya, namun banyak dari kita berusaha semaksimal mungkin agar jika mungkin bisa merasakan masa muda lebih lama. Akhirnya sebagian orang melakukannya dengan cara tidak alami misalnya melakukan operasi plastik. Namun kemudian adanya kemungkinan efek negatif dari operasi plastik ini, banyak dari kita akhirnya lebih tertarik kepada terapi alami untuk bisa terlihat muda selalu. Salah satunya melalui perbaikan pola hidup sehari-hari.
Penuaan merupakan proses yang alami. Tapi, tentunya Anda tidak ingin menjadi tua sebelum waktunya. Dan penuaan dini ini bisa dicegah melalui pengaturan pola diet. Secara umum, diet anti-penuaan menerapkan prinsip-prinsip seperti: batasi asupan kalori dan lemak jenuh, konsumsi lebih banyak whole grain, ikan, buah segar dan sayuran, serta kurangi asupan gula dan garam. Selain panduan umum ini, ada juga beberapa makanan yang mengandung zat-zat anti-penuaan. Berikut beberapa makanan anti-penuaan yang bisa Anda padukan ke dalam diet Anda sehari-hari.
Tiram
Tiram dan kerang-kerangan terkenal sebagai makanan aphrodisiac yang dapat meningkatkan gairah seksual. Bagi kesehatan kulit, seafood yang satu ini juga ampuh menangkal penuaan.
Tiram mengandung vitamin B12 dan zat besi yang dapat menghilangkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Tiram juga dapat membuat kulit yang semula pucat atau menguning menjadi lebih bersemu dan segar.
Naturalactives.com memaparkan, khasiat tiram dan kerang-kerangan bagi kesehatan kulit tak hanya terkandung dalam dagingnya. Di Cina, bubuk mutiara digunakan sebagai kosmetika terpercaya sejak 2000 tahun lalu.
Bubuk mutiara yang terbuat dari mutiara air tawar mengandung zat inorganik dalam bentuk kristal aragonite, serta zat organik yang terdiri dari protein complex, asam amino, dan polysaccharides.
Alpukat
Buah ini kaya akan lemak tunggal tidak jenuh. Ini merupakan jenis lemak sehat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang bisa membantu mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah penuaan kulit. Vitamin E juga membantu meredakan gejala menopause seperti kilas panas. Buah ini juga kaya kalium yang efektif mencegah retensi cairan dan tekanan darah tinggi.
Berries
Baik black berries maupun blue berries serta anggur hitam juga mengandung phytochemical yang dikenal dengan antioksidan flavonoid. Antioksidan ini berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan penuaan.
Sayuran
Kelompok Cruciferous vegetables seperti kol, kol bunga, brokoli, wortel, serta lobak berfungsi membantu tubuh melawan racun-racun dan kanker. Cobalah mengonsumi paling tidak 114 gram kombinasi sayuran ini setiap harinya. Jika memungkinkan, konsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak sebentar saja. Dengan begitu, enzim-enzim penting dalam sayuran tidak akan rusak.
Bawang putih
Satu siung bawang putih sehari, baik mentah atau dimasak, berfungsi melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Manfaat perlindungan bawang putih terhadap jantung sudah banyak dibuktikan berdasarkan studi ilmiah. Salah satu studi yang dilakukan di Iowa, Amerika Serikat, dengan melibatkan 41.837 perempuan berusia antara 55 dan 69 sebagai partisipan menunjukkan, mereka yang mengonsumsi bawang putih paling tidak sekali seminggu memiliki risiko 50% lebih kecil mengalami kanker colon. Studi lain dari Tasgore Medical college di India, seperti diberitakan situs womenfitness menunjukkan, bawang putih berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan membantu proses pengenceran darah dengan cara yang lebih efektif dibandingkan aspirin. Karena itu, bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
Jahe
Akar pedas ini berfungsi memperlancar sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Karena itu sangat bermanfaat bagi orang tua. Selain itu, jahe juga membantu meredakan rasa sakit dan nyeri akibat rematik. 
Kacang-kacangan
Sebagian besar jenis kacang-kacangan merupakan sumber mineral yang baik, khususnya kenari. Meskipun tinggi kalori, kenari juga kaya akan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, besi, seng, tembaga dan selenium. Karena itu, tidak ada salahnya menambahkan asupan kacang dalam diet Anda sehari-hari. Kacang ini membantu menguatkan fungsi sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, memperbaiki kulit dan membantu kontrol pencegahan kanker. Selain itu, kacang juga membantu mengontrol kadar kolesterol. Akan tetapi, hindari kacang yang sudah tengik. Kacang seperti ini dikaitkan dengan peningkatan insiden radikal bebas.
Kedelai
Bagi perempuan menopause, kedelai bisa membantu mempertahankan kadar estrogen. Dengan begitu bisa meredakan gejala menopause seperti kilasan panas dan melindungi dari penyakit alzheimer, osteoporosis dan penyakit jantung. Pilihlah produk-produk kedelai yang sudah difermentasikan karena lebih mudah dicerna sehingga lebih bernutrisi dan biasanya tidak menimbulkan alergi makanan. Tapi, pastikan produk kedelai yang Anda pilih belum dimodifikasi secara genetik. Jangan samakan kedelai dengan saus kedelai yang kaya garam dan sebaiknya dihindari atau paling tidak jarang digunakan.
Whole meal
Karbohidrat kompleks akan menjaga Anda tetap berenergi sepanjang hari dan sebaiknya dipilih untuk mengisi sebagian besar diet Anda. Pasta whole meal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Makanan ini kaya serat dan mengandung besi 2 kali lebih banyak dibandingkan pasta biasanya. Selain itu, gantilah beras Anda dengan beras merah. Beras merah merupakan karbohidrat kompleks yang kaya serat dan vitamin B.
Semangka
Tidak hanya daging buahnya yang bernutrisi, tapi juga bijinya. Jadi, ada baiknya dijadikan jus sehingga nutrisi yang Anda dapatkan lebih banyak. Daging buah semangka mengandung vitamin A, B, dan C. Sedang bijinya mengandung selenium, lemak esensial, seng, dan vitamin E, yang semuanya berfungsi membantu melawan kerusakan dan penuaan akibat radikal bebas.
Air
Pastikan asupan air Anda cukup sepanjang hari. Minumlah paling sedikit 8 gelas air sehari. Air ini berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun dan material sampah yang tidak diperlukan dari dalam tubuh. Jangan minum hanya pada saat haus. Sensasi haus ini akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Minumlah sesering mungkin dan pilihlah cairan yang bernutrisi termasuk jus yang 100% dari buah dan sayuran, susu skim atau susu rendah lemak, air putih, teh, serta kaldu. Anda juga bisa mendapatkan cairan dari makanan, khususnya makanan yang cair dalam suhu ruang. Cobalah gelatin, yogurt beku, sup, semangka, jeruk, selada, tomat, serta makanan lainnya.
Penuhi piring makan dengan buah dan sayuran
Bagi anda yang jarang makan buah dan sayuran, mulai sekarang coba pikirkan lagi. Karena ternyata selain mengandung nutrisi tinggi dan rendah kalori, buah dan sayuran ini memiliki manfaat lain, yaitu memiliki potensi sebagai anti penuaan.
Sebagai contoh, Asisten profesor dari University of Rhode Island College of Pharmacy di Kingston menunjukkan manfaat blueberries yang memiliki potensi sebagai perangsang memori dan sangat kaya anti oksidan yang bisa memerangi radikal bebas – molekul yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan dikaitkan erat dengan inflamasi kronis. Inflamasi ini pada akhirnya dikaitkan dengan penyakit-penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, Alzheimer’s, arthritis, dan osteoporosis.
Selain itu kelompok berry ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang ikut berperan sebagai anti oksidan yang juga membantu memerangi kerusakan sel akibat radikal bebas.
Contoh lainnya adalah manfaat bayam dan sayuran berdaun hijau gelap yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin – pigmen tanaman – yang melindungi mata kita dari bahaya sinar ultraviolet. Sayuran ini juga kaya vitamin K, suatu nutrient yang ikut berperan mengurangi bahaya keropos tulang.
Perbanyaklah mengkonsumsi makanan kaya protein
Ini adalah komponen kunci makanan yang sangat kita perlukan terutama jika usia kita sudah beranjak 40 tahun ke atas, di mana masa otot mulai mengalami penurunan 1% setiap tahun.
Karenanya jangan lupakan makanan kaya protein dalam makanan anda, seperti daging ayam, telur, makanan laut, yogurt, susu bebas lemak, dll. Selain proteinnya sendiri yang sangat bermanfaat untuk otot kita, kandungan mineral ( kalsium, fosfor, dan kalium) yang banyak terdapat di dalam makanan kaya protein ini (seperti pada yogurt dan susu bebas lemak) bermanfaat baik untuk menstabilkan tekanan darah dan membantu penguatan tulang.
Karena kalsium tidak bisa membantu pembentukan tulang yang kuat jika kita kurang mengkonsumsi protein, maka professor kedokteran dari Universitas Creighton di Omaha merekomendasikan kita mengkonsumsi sekitar 11 ons protein per hari bagi wanita dengan berat 145 pound. Dosis ini juga baik untuk program anti penuaan anda.
Jangan lupakan ikan dalam makanan anda
Ikan terutama yang berasal dari laut kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini sangat baik untuk meningkatkan mood dan perilaku seseorang. Selain itu asam lemak yang banyak terkandung dalam ikan tuna dan salmon ini sangat potensial sebagai penangkal efek inflamasi.
Tetaplah mengkonsumsi gandum, beras merah, roti, sereal sebagai sumber makanan sehari-hari anda
Kandungan serat di dalam makanan-makanan ini sangat baik untuk mencegah anda kelebihan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan berbiji ini berperan dalam memerangi penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker usus besar, tekanan darah tinggi, dll.
Meskipun zat anti penuaan bisa diperoleh dari sumber makanan yang kita konsumsi, tetap saja kita tidak bisa melupakan sumber terakhir anti penuaan yang juga berperan penting, yaitu olahraga.
Untuk aktif memelihara masa otot, meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menjaga jantung dan paru-paru anda tetap prima, olahraga/latihan tetap diperlukan. Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga lari, bisa “memperpanjang” usia anda. Penelitian dariStanford University School of Medicine menunjukkan bahwa sekelompok pelari yang diteliti memiliki usia hidup yang lebih lama, yaitu 19 tahun dibanding kelompok orang yang bukan pelari. Olahraga yang kita lakukan juga bisa mengurangi tingkat resiko kematian akibat penyakit jantung, stoke, kanker, dan syaraf. Selain olahraga lari, 30 menit melakukan senam aerobik, lima hari dalam seminggu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kita dan selain itu bisa membuat kita tampak segar dan awet muda selalu.

http://alkadir.wordpress.com/2010/08/27/makanan-anti-aging-cegah-penuaan-datang-sebelum-waktunya/
 

Related Post :