Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan kolagen adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Kolagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat).
Banyak produk perawatan wajah mengklaim mampu menghambat penuaan dengan mendorong sel-sel untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Memangnya apa sih kelebihan kolagen?
Kolagen menjadi komponen pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Kolagen penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Kolagen kerap disamakan dengan kasur, ketika masih baru, kasur masih kencang dan elastis. Lama-kelamaan, kasur mulai kempes.
Kolagen bisa rusak karena sejumlah alasan. Pertama, dengan bertambahnya usia, kolagen pada kulit mulai memecah dan kaku. Saat kulit kita masih sehat, helaian-helaian kolagen meluncur dengan mudah satu sama lain sehingga kulit kembali normal setelah Anda meregangkan wajah karena tersenyum atau mengerutkan dahi. Namun, ketika kolagen mulai melebur, kulit kehilangan elastisitas dan tidak kembali normal.
Kita akan selalu membutuhkan suplai kolagen dalam jumlah yang cukup. Meski begitu, tak mudah memelihara dan mendapatkan bahan ini. Faktanya, dari usia sekitar 25 tahun, tubuh juga mulai kehilangan kolagen sebanyak 1,5 persen setiap tahun. Akibatnya, kolagen yang rusak tadi tidak mampu memberikan dukungan yang baik untuk lapisan kulit teratas. Saat itulah kulit mulai menjadi keriput. Ketika keriput mulai terjadi, itu berarti kolagen tidak berfungsi lagi.
Untuk memaksimalkan fungsi kolagen, jaga persediaan kolagen di dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen kolagen. Suplemen ini akan mengisi kembali persediaan kolagen dalam tubuh. Asupan suplemen kolagen secara rutin akan menghidupkan kembali kulit, menjaganya tetap sehat, mengurangi garis-garis keriput di wajah, serta menguatkan kuku dan memperbaiki kondisi rambut.
Suplemen ini paling baik dikonsumsi sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain. Saat itulah fungsi kolagen menjadi maksimal dengan meningkatkan energi serta performa Anda. Suplemen ini juga menjaga dan mengisi kembali massa otot untuk meningkatkan pengambilan lemak tubuh sehingga berperan dalam mengendalikan berat badan.

Suplemen kolagen bagi perempuan mungkin sudah tidak asing lagi karena dipercaya bisa mencegah proses penuaan. Apa saja keuntungan dan efek samping dari suplemen kolagen?
Secara alami tubuh manusia akan memproduksi kolagen dalam jumlah yang memadai. Tapi seiring bertambahnya usia seseorang, maka produksi kolagen akan menurun.
Akibatnya tanda-tanda proses penuaan akan mulai terlihat seperti keriput, kulit mengendur, kuku yang semakin rapuh dan nyeri pada sendi. Untuk mencegah proses tersebut, maka banyak orang yang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kolagen.
Seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (12/5/2010) kolagen adalah bahan protein alami di dalam tubuh yang dapat ditemukan pada tulang, kulit dan jaringan ikat. Sedangkan kolagen sintetik yang terdapat dalam suplemen biasanya diambil dari kolagen hewan seperti sapi.
Suplemen yang digunakan untuk mencegah keriput biasanya digunakan dengan menyuntikkan zat tersebut secara langsung ke daerah wajah sehingga akan terlihat lebih halus.
Suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti inkontinensia (orang yang tidak bisa menahan pipis) dan rheumatoid arthritis.
Suplemen kolagen yang biasa tersedia di pasaran bisa dalam bentuk pil, krim atau suntikan. Selain itu setiap suplemen kolagen biasanya mengandung jenis kolagen tertentu dengan fungsi yang berbeda-beda.
Meski suplemen ini ada dipasaran, bukan berarti tidak memiliki efek samping. Karenanya ketahui apa saja keuntungan dan efek samping dari penggunaan suplemen kolagen ini, yaitu:

Keuntungan
1.             Bagi orang yang memiliki masalah tulang atau arthritis umumnya mengambil suplemen yang mengandung kolegan II, karena merupakan komponen utama dari tulang rawan hialin sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.
2.             Jika digunakan untuk meremajakan kulit cenderung menggunakan kolagen I dan III.
3.             Suplemen kolagen untuk sendi dapat membantu meningkatkan pergerakan dari sendi, mengurangi peradangan, memperkuat jaringan ikat dan dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan.
4.             Memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Efek samping
1.             Karena kolagennya berasal dari hewan tertentu seperti sapi atau ayam, maka pastikan terlebih dahulu untuk tidak alergi terhadap komponen tersebut.
2.             Suntikan kolagen kadang menimbulkan reaksi alergi seperti mual, sakit kepala dan muntah.
3.             Suntikan kolagen bisa memiliki beberapa efek samping terutama bagi orang yang sangat sensitif, seperti memar atau infeksi.
4.             Orang dengan kelainan autoimun bisa menyebabkan tubuh bereaksi terhadap zat asing dari suplemen kolagen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga wajah tampak mengembung.

Sebelum menggunakan suplemen kolagen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah suplemen yang aman dikonsumsi serta kenali kondisi diri sendiri terutama dari berbagai macam alergen.

Related Post :